Rabu, 08 Oktober 2014

Informasi tentang Google Drive

Dalam tulisan ini saya akan menjelaskan hal-hal apa saja yang bisa dilakukan dengan Google Drive. Google Drive disini sebagai media penyimpanan berbasis online. Di mana kita bisa membuat dokumen seperti Microsoft World, Excel ataupun Powerpoint. Disini kita akan membahas beberapa info yang menarik tentang Google Drive

1. Edit Foto / Crop Foto

Melakukan edit foto atau cropping foto sangat mudah menggunakan Google Drive, kamu bisa membuat bermacam-macam bentuk cropping seperti gambar hati, kotak persegi atau persegi panjang. Cara melakukan cropping juga gampang banget, tinggal buka aplikasi Google Slides, ambil foto atau gambar kemudian klik ikon Crop dan silahkan bermain dengan bermacam-macam shape.
edit crop foto menggunakan google drive

2. Melakukan Uji Coba add-ons

Untuk Documents dan Spreadsheet kamu bisa mencoba banyak sekali add-ons yang mungkin cocok buat kebutuhanmu saat ini. Misalkan EasyBib (Membuat Bibliography dengan cepat), Twitter Curator (Kamu bisa dengan mudah mencari twitmu atau twit topik yang disukai kemudian disimpan dalam bentuk Doc) atau melakukan Translate (Fungsinya mirip Google Translate). Klik button add-ons di Documents atau Spreedsheet untuk mulai bermain dengan add-ons.

3. Melihat Aktifitas atau Perubahan di Google Drive

Pernah melakukan kolaborasi dengan rekan atau teman melalui Google Drive? Misalkan Kamu share Documents atau Spreadsheet yang bisa digunakan bersama. Drive mencatat perubahan apa saja yang terjadi dan siapa yang melakukan perubahan, semuanya bisa dilihat dengan klik icon “i” di pojok kanan atas, semua aktifitas atau perubahan akan muncul di Google Drive.
Melihat aktifitas atau perubahan di Google Drive

4. Melihat Revisi yang Pernah Dilakukan

Ini penting sekali jika melakukan kolaborasi, mungkin ada bagian text/gambar yang pernah diganti tapi ternyata saat ini kamu berpikiran kalau itu akan bagus sekali jika dipertahankan. Oke kamu bisa melihat revisi apa saja yang pernah dilakukan dengan cara buka Documents kemudian klik “File” dan “See Revision History”. Kamu juga bisa menggunakan Shortcut Ctrl+Alt+Shift+G untuk melihat Revision History.
Melihat revisi yang pernah dilakukan di google drive

5. Menggunakan Spreadsheets Saat Offline

Jika kamu pengguna fanatik Spreadsheet, fitur ini akan menambah kecintaanmu pada Google Drive :D.  Sejak Desember 2013 Spreadsheet melakukan banyak sekali perubahan seperti penambahan rumus baru, penambahan fungsi average, if, unlimited cells, formula, kolom dan bisa bekerja saat offline. Jadi saat kamu belum dapat wi-fi dan pengin tetap bekerja kamu bisa tetap menggunakan Spreadsheet, saat kamu sudah tersambung lagi ke Internet, semua data akan di sinkronasi kembali, asyik kan :).

6. Shortcut Untuk Melihat Shortcut Keyboard Google Drive

Ingin menggunakan shortcut untuk mempercepat pekerjaan? Kamu bisa mempelajari semua shortcut keyboard yang tersedia di Google Drive. Caranya gampang tinggal tekan “Shift” dan “?” nanti akan muncul Pop up shortcut keyboard yang tersedia dan bisa digunakan di Google Drive.
Shorcut Keyboard di Google Drive

7. Mengatur Permission Dalam Folder atau File yang Di Share

Jika kamu melakukan share file dengan teman atau rekan kerjamu dan ingin mengatur siapa saja yang boleh melihat, siapa saja yang bisa melakukan edit dan komen bisa dilakukan dengan mengikuti video di bawah ini.
<br />

8. Tidak Ada Masalah Mengirim Email Dengan File Attachment Yang Besar

Gmail sih emang udah keren banget ya, bisa mengirim email dengan lampiran file / attachment sebesar 25MB, Tapi jika kamu ingin mengirim lampiran file yang lebih besar dari itu sekarang udah bisa kok ;). Saat kamu lagi compose email, klik ikon kecil Google Drive dan dari sini kamu bisa memilih file mana yang akan kamu kirimkan bersama emailmu.
Mengirim email attachment dalam ukuran besar melalui google drive
Jika ada teman atau rekan kerjamu mengirim file dengan ukuran yang besar kamu bisa langsung mengunduh atau menyimpan dalam Google Drivemu.















0 komentar:

Posting Komentar